Kabar Bengkulu– Memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat dan tepat adalah cita-cita dari semua Kepala Desa dan perangkatnya, namun hal demikian tidak lah mudah untuk dicapai, karena untuk mewujudkannya butuh tenaga, fikiran dan perencanaan yang matang. Namun demikian, cita-cita tersebut telah terwujud oleh beberapa desa di Kabupaten Mukomuko salah satunya Desa Pulau Makmur Kecamatan Ipuh yang mana desa tersebut telah membuat meja pelayanan dan menerapkan “sistem pelayanan satu pintu.
Sistem pelayanan satu pintu ini langsung diterapkan oleh Sekretaris Desa Pulau Makmur (Sekdes) Alfian sebagai percobaan pertama, didampingi oleh Kasi Pelayanan dan dan Kasi Pemerintahan serta perangkat lainnya dan Kepala Desa. Kamis (17/3/22)
Kepala Desa Pulau Makmur Ramli menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi masyarakat terutama dalam hal pelayanan administrasi. oleh karena itu, rehabilitasi ruang pelayanan publikpun harus dilakukan demi mewujudkan sistim pelayanan yang maksimal. ‘jelasnya
Untuk kita ketahui bersama, rehabilitas ruang pelayanan ini dilakukan setelah perubahan APBDes Tahun Anggaran 2021 yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) setelah perampingan dusun berdasarkan Perbup 34 tahun 2020 tentang Dusun. Yang awalnya 2 dusun menjadi 1 Dusun. Nah sisa dari anggaran tersebut kemudian digunakan untuk membuat tempat pelayanan yang berkualitas dan menarik ini. ‘kata Ramli
Selanjutnya, secara langsung Sekretaris Desa (Sekdes) Pulau Makmur Alfian juga menyampaikan bahwa sistim pelayanan satu pintu ini telah memberikan kemudahan bagi kami selaku penyelenggara Pemerintahan Desa maupun masyarakat yang datang mengurus administrasi tidak perlu masuk ke ruangan kepala desa, sekretaris desa ataupun ruangan yang lain namun masyarakat yang datang cukup lansung ke meja pelayanan saja. ‘tutur Alfian.
Selain itu juga, saat ini kami sedang mempelajari untuk menerapkan sistem pelayanan “Desa Digital”, karena bersamaan dengan pengadaan meja pelayanan, kami juga telah membuat Website Resmi Desa Pulau Makmur agar seluruh kegiatan dan informasi desa bisa akses diketahui oleh Masyarakat dengan cepat dan tepat. Sesuai dengan kemajuan zaman, melalui Media kabarbengkulu.Id ini saya mengajak rekan-rekan pemdes semua terkhusus bagi perangkat desa yang masih muda, mari kita satukan fikiran, ide, wawasan dan tenaga untuk memajukan desa kita, kecamatan , kabupaten baik dari segi pelayanan, infrastruktur maupun ekonomi untuk berkolaborasi mengiaatkan desa digital,’tutup Alfian.
Terpisah Kasi Kesra Desa Pulau Makmur Sonny Wayba.Bch mengungkapkan untuk pelayanan optimal di Desa Pulau Makmur Kami (pemdes/Red) memberikan pelayanan Publik dengan adanya Website Desa yang akan update secepatnya ke Play store agar masyarakat Desa Pulau Makmur bisa mengunduhnya untuk mengetahui program dan pelayanan desa,”ungakapnya.(Kb)